October 9, 2017

Perbedaan Cara Menulis Artikel di Blog dan Media Cetak

Cara Menulis Artikel di Blog dan Buletin
Cara Menulis Artikel di Blog dan Buletin

Menulis Artikel di Blog dan Media Cetak. Membahas tentang menulis memang menjadi satu pembahasan yang tak kunjung habis bagiku, karena melalui menulis ilmu bisa tersampaikan dan melalui menulis bisa memberikan ide terbaik kepada orang lain. Selain karena cita-citaku untuk menjadi penulis dan memiliki buku hasil karya tulisku sendiri masih belum terwujud sampai saat ini. Tapi semoga akan segera selesai naskah pertamaku saat ini. Aamiin

Pada kali ini, saya bermaksud untuk membahas dua bentuk kepenulisan antara menulis di majalah, buletin, atau media cetak lainnya dibandingkan dengan menulis di blog. Karena menulis di dua media ini memiliki perbedaan cara, walaupun memang memiliki struktur tulisan yang yang sama. Berikut akan saya jelaskan cara-cara menulis artikel di blog :

1. Judul Postingan Artikel.
Penulisan judul artikel pada blog, sebaiknya ditulis tidak melebihi dari enam kata. Sebab jika melebihi dari itu, maka sebagian kata dalam judul itu tidak akan masuk dalam anchor teks (link url yang dibentuk otomatis oleh blogger). Apalagi jika jumlah karakter yang banyak dalam satu kata, maka tak bisa dihindari anchor teks-nya akan terputus.

2. Judul dan Isi Artikel Harus Berkaitan
Judul postingan dan isi artikel harus memiliki keterkaitan saat menulis. Dalam artian pembahasan yang ada dalam artikel tidak menyimpang jauh dengan judul yang kita buat. Sebab menurut beberapa artikel yang ada, jika judul postingan tidak sesuai dengan isi yang diuraikan, maka robot google akan malas meng-crawl artikel yang dibuat tersebut. Dan ini berakibat pada sulitnya artikel berada pada urutan pertama saat dilakukan search engine.

3. Panjang Isi Artikel
Menulis diblog tidak perlu panjang-panjang, kita bisa menulis antara 250 sampai 400 kata saja. Namun ini tidak bersifat mutlak, sebab layananan google adsense memiliki metode berbeda dalam menilai blog kita. Adsense yang dikembangkan google ini menginginkan artikel yang panjang agar bisa dicantumkan dalam layanan ini. Tapi ini bukan masalah utama, karena tujuannya adalah untuk berbagi informasi untuk pengunjung dan dan pada saat crawl google bisa normal.

4. Penggunaan Keyword (Kata Kunci)
Kata kunci (keyword) berpengaruh pada robot searh engine google, karena saat mendeteksi artikel yang ada diblog kita yang pertama dicrawl adalah kata kunci utama diletakkan di awal dan akhir paragraf. Kata kunci dapat ditandai dengan penebalan (bold), pewarnaan kata, dan pemiringan kata (italic). Namun jika misalkan banyak, ini juga menjadi tidak baik pada blog, sebab selain merusak tampilan, robot google akhirnya merasa ada kesalahan dalam mendeteksi keyword artikel.

5. Penempatan Umpan Backlink.
Umpan Backlink merupakan link penghubung antara artikel yang dibaca dengan artikel lain yang kiya anggap berkaitan. Ini lumayan sulit kita lakukan, sebab biasanya artikel sebelumnya kadang kita lupa kecocokan antara satu artikel dengan artikel yang lainnya. Oleh sebab itu, biasanya kita lupa untuk memberikannya, padahal ini cukup baik untuk backlink pengunjung kita. Itulah cara tentang menulis artikel di blog, untuk cara menulis artikel di majalah, buletin ataupun yang lainnya akan saya bahas dilain kesempatan.

Semoga bermanfaat! Inspirasi Artikel : Matra Pendidikan/Halolis.com
Comments

Terima Kasih buat yang sudah membaca. Temukan saya juga di instagram @haloolis dan twitter @haloolis.!

Jangan lupa berkomentar di kolom yang telah disediakan! Oh iya, follow blog ini juga ya, nanti saya juga follow balik blognya.